PROPOSAL EKONOMI TEKNIK
PENGEMBANGAN JARINGAN
UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA





        Nama Kelompok :
Anna Sayuni                           : 16.01.071.012
Ardian Shalihin                       : 16.01.071.015
                               Ardiansyah Putra                     : 16.01.071.016
Dita Putri Rizkita                    : 16.01.071.024
Febby Ananda Putri                : 16.01.071.034
Hanif Pri Abdul Aziz              : 16.01.071.039
Ikhwan Muhammad S.A        : 16.01.071.043






PRODI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMATIKA
UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA
2018






PENDAHULUAN


1.1         Latar Belakang

Teknologi dan komunikasi dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan selaras dengan perkembangan karakteristik masyarakat modern yang memiliki mobilitas tinggi, mencari layanan yang fleksibel, serba mudah, dan mengejar efisiensi di segala bidang, sehingga kebutuhan akan informasi dan komunikasi pun meningkat, terutama buat para dosen, mahasiswa dan mahasiswi di Universitas Teknologi Sumbawa.
Dengan semakin bertambahnya pemakaian komputer, semakin besar kebutuhan akan pentransferan  data dari satu terminal ke terminal lain yang dipisahkan oleh satuan jarak) dan waktu perolehan data base, maka semakin tinggi pula kebutuhan akan suatu jaringan yang menghubungkan terminal-terminal yang ingin berkomunikasi dengan efisien. Jaringan tersebut dikenal dengan Local Area Network (LAN) yang biasa memakai kabel atau fiber optik sebagai media transmisinya.
Di Universitas Teknologi Sumbawa, merupakan Universitas yang berbasis teknologi tapi teknologi  jaringannya masih minim dan berbanding terbalik dengan mahasiswa dan dosen yang makin bertambah yg membutuhkan jaringan hampir setiap harinya.

1.2         Tujuan

Tujuan dari perancangan dan pembuatan jaringan di gedung DIKTI Universitas Teknologi Sumbawa adalah agar dosen dan mahasiswa dapat tetap mengakses internet saat berada di gedung DIKTI, mempercepat proses pencarian ( Search ) dan berbagi data ( Sharing ) ,dan dapat meningkatkan kinerja dalam segala kegiatan yang dilakukan di Univeristas Teknologi Sumbawa dan mempermudah komunikasi.


BAB II


1.3         Profile Universitas Teknologi Sumbawa


Nama Perusahaan                             : Universitas Teknologi SumbawaLokasi Perusahaan                           : Jl. Olat Maras, Batu Alang, Moyo Hulu, Sumbawa Besar, kabupaten Sumbawa- Prop. Nusa Tenggara Barat- IndonesiaPendiri                                              : Dr. ZulkiflimansyahBisnis Perusahaan                            : Jasa Pendidikan oleh Yayasan Dea MasSarana dan Prasarana Pendukung    : Gedung Perkuliahan, Perpustakaan,     Laboratorium, Tax Center, BI Corner, Galeri Investasi, Masjid Kampus, Asrama Mahasiswa, AulaIzin Operasional                               : Surat keputusan no.72/E/O/2018Sasaran Pasar                                   : Mahasiswa

2.2    Struktur Organisasi

       


 




Ketua Yayasan
:
Niken Saptarini, M.Sc
Ketua Dewan Penyantun
:
Dr. Zulkieflimansyah, M.Sc
Ketua Dewan Penasehat
:
Dr. Arif Budi Witarto, M.Eng.
Rektor
:
Dr. Andi Tirta, M.Sc
Wakil Rektor I
:
Nurul Hudaningsih, MT
Wakil Rektor II
:
Sudrajat Marta Dinata, M.SA
Wakil Rektor III
:
Win Ariga Mansyur Malonga, S.Pi
Wakil Rektor IV
:
Muhammad Iqbal, S.Sos
Staf Ahli Rektor
:
–         Dewi Noviany, M.Pd
–         Iwan Satriawan, SE
KEPALA UPT
1.     LPPM
:
Sari Noviana, M.Si
2.     LPMU
:
Sutarjon, S.Pd
3.     TI & K
:
Nurhidayat Setiabudi, S.Kom
4.     Beasiswa
:
M. Nurjihadi, M.Si
5.     Bisnis & Ventura
:
Yolly Eka Putri, S.TP., MM
6.     Humas & Protokol
:
Dina Raysa Rasyidi
7.     Perpustakaan
:
Selvy Dwi Adekayanti, ST
8.     Pusat Bahasa
:
Wirentake, M.Pd
Dekan Fak. Teknobiologi
:
Ali Budhikusuma, M.Sc
Dekan Fak. Teknologi Pertanian
:
Kiki Yulianto, M.P
Dekan Fak. Teknologi Pertambangan
:
Emsal Yanuar, M.Si
Dekan Fak. Teknologi Informatika
:
Sugeng Purwanto, ST., M.Sc
Dekan Fak. Ekonomi dan Bisnis
:
Abdul Hadi Ilman, SE., MPP
Dekan Fak. Ilmu Komunikasi
:
Mila Hidiyatullah, S.IP
Dekan Fak. Psikologi
:
Yossy Dwi Erliana, M.Psi







BAB III

RANGKUMAN EKSEKUTIF


Universitas Teknologi Sumbawa merupakan salah satu institusi yang telah menuangkan rencana strategi lembaga kependidikannya dalam rencana strategis Universitas, seperti mengembangkan jaringan internet. Untuk mecapai dan menjalankan strategi tersebut dibutuhkan beberapa perangkat pendukung untuk melalui rencana strategis yang menjadi kunci pelaksanaan teknis dari kesluruhan proses.
Saat ini topologi yang dignakan yaitu topologi Star. Topologi ini digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat dalam jaringan computer yang hanya berada terpusat pada gedung rektorat, dimana pada gedung rektorat ini seluruh kegiatan administrasi seluruh universitas, fakultas dan program studi dilaksanakan. Dengan menganalisa topologi jaringan komputer dari infrastruktur pada lingkungan Universitas Teknologi Sumbawa, dapat dilihat bahwa untuk pengembangan topologi star pada jaringan komputer di lingkungan Universitas Teknologi Sumbawa akan sangat diperlukan apabila adanya pengembangan penempatan kegiatan administrasi Universitas Teknologi Sumbawa pada masing-masing gedung fakultas, dimana untuk mengintegrasikan seluruh sistem informasi akademik memerlukan jaringan komputer  yang terintegrasi. Pada saat ini, pemanfaatan jaringan komputer oleh civitas akademik, baik itu dosen, staf dan mahasiswa hanya dapat dilakukan di gedung rektorat. Melihat infrastruktur gedung perkuliahan yang dalam skala Local Area Network (LAN) dengan jangkauan jarak kurang dari 10.000m² memungkinkan untuk dikembangkannya infrastruktur jaringan komputer sehingga seluruh lingkungan Universitas Teknologi Sumbawa dapat memanfaatkan akses internet.
Berdasarkan masalah tersebut, kami dari perusahaan INDONET menawarkan kerjasama untuk Perluasan Jaringan Komputer Untuk Mendukung Implementasi Sistem Informasi di wilayah kampus, dimana penelitian diawali dengan menganalisa Infrastruktur Jaringan Komputer yang telah digunakan saat ini, kemudian melakukan Perancangan Perluasan Jaringan Komputer. Dalam penelitian ini, peneliti membangun perancangan jaringan komputer untuk menghubungkan seluruh gedung pada lingkungan Universitas Teknologi Sumbawa, perancangan yang dibangun menggunakan Media Kabel dalam menghubungkan enam gedung termasuk gedung Rektorat.
Terkait strategi rencana pengembangan jaringan dan memperluas sarana teknologi informasi. Melihat kondisi yang ada pada saat ini, menunjukkan bahwa proses implementasi perluasan Sistem Teknologi Informasi ini masih direncanakan dan akan di ajukan ke Kepala Teknologi Informasi Universitas Teknologi Informasi, karena kurangnya akses internet di wilaya  kampus seperti di Gedung BNI, BRI, DIKTI, Gedung Newmont dan Lab Elektro, karena hal tersebut mahasiswa susah dalam mencari, dan mendapatkan informasi, karena kondisi infrastruktur jaringan computer Universitas Teknologi Sumbawa saat ini hanya ada di gedung Rektorat. Padahal jangkauan jarak area kampus kurang dari 10.000m² dalam skala Local Area Network (LAN) sehingga memungkinkan untuk mengembangkan infrastruktur pada gedung perkuliahan.












BAB IV

DESKRIPSI PENGEMBANGAN JARINGAN KOMPUTER


1.4         Kondisi Jaringan Komputer Saat Ini

Saat ini topologi yang digunakan di Universitas Teknologi Sumbawa yaitu topologi Star. Topologi ini digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat dalam jaringan computer yang hanya berada terpusat pada gedung rektorat, dimana pada gedung rektorat ini seluruh kegiatan administrasi seluruh universitas, fakultas dan program studi dilaksanakan. Dengan menganalisa topologi jaringan komputer dari infrastruktur pada lingkungan Universitas Teknologi Sumbawa, dapat dilihat bahwa untuk pengembangan topologi star pada jaringan komputer di lingkungan Universitas Teknologi Sumbawa akan sangat diperlukan apabila adanya pengembangan penempatan kegiatan administrasi Universitas Teknologi Sumbawa pada masing-masing gedung fakultas, dimana untuk mengintegrasikan seluruh sistem informasi akademik memerlukan jaringan komputer  yang terintegrasi. Pada saat ini, pemanfaatan jaringan komputer oleh civitas akademik, baik itu dosen, staf dan mahasiswa hanya dapat dilakukan di gedung rektorat. Melihat infrastruktur gedung perkuliahan yang dalam skala Local Area Network (LAN) dengan jangkauan jarak kurang dari 10.000m² memungkinkan untuk dikembangkannya infrastruktur jaringan komputer sehingga seluruh lingkungan Universitas Teknologi Sumbawa dapat memanfaatkan akses internet.

1.5         Rencana Pengembangan Jaringan Komputer

·         Batasan Masalah
1.      Perancangan Jaringan dengan metode Jaringan Local Area Network (LAN)
2.      Perancangan dan pembuatan jaringan dengan memilih topologi yang tepat
3.      Memprogram seluruh rancangan agar dapat dikembangkan lebih baik dan aman

·         Rumusan Masalah
Bagaimana merancang dan membuat jaringan lokal secara maksimal agar dapat berkembang lebih baik dan aman yang menggunakan topologi star
TUJUAN DAN MANFAAT
A.    Tujuan
Tujuan dari perancangan jaringan menggunakan Local Area Network (LAN)
1.      Pengolahan data serta pengamatan untuk mengakses data lebih yang lebih baik dan cepat
2.      Mempercepat proses berbagi data (Sharing)
3.      Mempermudah dalam mengakses apapun
B.     Manfaat
Manfaat yang diperoleh dari pembuatan jaringan LAN adalah sebagai berikut:
Memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam melakukan komunikasi data antar computer atau dalam social media yang lebih aman, cepat dan tidak ada gangguan. Apabila jaringan pada LAN berjalan baik, maka jika ada peluang untuk bisnis dengan menggunakan jaringan nirkabel tidak akan mengganggu pengguna LAN begitu juga sebaliknya.           



TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER
      Berikut adalah lokasi penempatan jaringan komputer:


Gambar 4.1 Denah Universitas Teknologi Sumbawa


      Adapun bentuk rancangan topologi yang akan digunakan dalam jaringan LAN seperti pada gambar di bawah ini.



Gambar 4.2 Topologi Star
 
 



Menggunakan Kelas IP B
Gateway                                : 192.168.1.1
DNS Server                           : 8.8.8.8
Start IP Address                    : 192.168.0.1
Subnet Mask                          : 255.255.0.0
Maximal Number of Users    : 1000
Dalam hal ini kami menggunakan system jaringan topologi star, yakni topologi yang sangat fleksibel memiliki banyak keuntungan.
Hasil dari pengamatan, banyak yang harus dipertimbangkan. Oleh karena itu, kami menyediakan bahan-bahan yang mencegah resiko terjadinya kerusakan dan sebagainya.

Agar Jaringan tetap optimal, aka nada pemeloharaan atau maintance sebulan sekali.
Dengan aspek alam yang cukup rawan, maka kami menerapkan tata letak kabel maupun komponen perangkat yang lain ditempat yang aman dan ada beberapa alat pelindungnya.

Dalam segi komponen jaringan, kami memilih hampir semuanya dengan tingkat level yang lebih aman yaitu:
1.      UPS,  Dengan adanya alat ini server akan lebih stabil dan dapat membantu backup data lebih baik dan lancer.
2.      Kabel STP,  Terdapat pembungkus tambahan tiap pasangan kabel, memberikan proteksi yang lebih baik.
3.      RJ45, Pelengkap kabel STP dan dilengkapi oleh pelindung karet RJ45.
4.      Terminal Besi, Memiliki tingkat keamanan lebih tinggi daripada terminal biasa.
5.      Rak Server, Memberikan pengamanan lebih, dapat memudahkan pengkoneksian ke setiap komponen jaringan, memaksimalkan penggunaan tempat, dan setiap rak dilengkapi dengan system pendingin.

Berikut rancangan komponen-komponen yang akan digunakan beserta biayanya:


No
Nama Barang
Merek
Spesifikasi
QTY
Satuan
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Pc
DELL
Ram 8 gb
1tb hdd processor intel core i3-1220v3(3.0 GHz,8mb,LGA1150)
Satu perangkat
1
8.000.000
8.000.000
2
Mouse & keyboard
Logitech

Satu perangkat
1
100.000
100.000
3
Ac
Panasonic
CS-YN5SKJ
½ PK, R-32, 410 watt, 5000 BTU/h, Lokal, Garansi 1 Tahun sparepart, 3 Tahun Kompressor
satuan
1
2.500.000
2.500.000
4
UPS
Laplace Converex 1500 VA Long Backup Time
1500 VA
satuan
1
2.750.000
2.750.000
5
Rak Server
Closedrack Nirax 42v
42v Depth 800 mn
satuan
1
2.000.000
2.000.000
6
Terminal Besi
PDU Rack Indorack
6 outlat
satuan
2
530.000
1.060.000
7
Microtik
Routher Board 1200
1200
satuan
1
4.000.000
4.000.000
8
Swicth/TP link
TL-61016D TP link
16 port Gb
satuan
1
560.000
560.000
9
LAN Tester
Network Cable Tester UTP RJ11 RJ45

satuan
1
60.000
60.000
10
Total
21.030.000

Tabel 4.1 Perangkat keras Server
 












No
Nama Barang
Merek
Spesifikasi
QTY
Satuan
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Pc
DELL
Ram 4 gb
500GB hdd processor intel core i3-1220v3(3.0 GHz,8mb,LGA1150)
Satu perangkat
1
4.000.000
4.000.000
2
Mouse & keyboard
Logitech

Satu perangkat
1
100.000
100.000
3
Wireless
TP-Link TL-WR 840N(v2)

satuan
25
150.000
3.750.000
4
Router
Microtik RB750-r2

satuan
1
560.000
560.000
5
HUB

8 port
satuan
2
200.000
400.000
16 port
5
650.000
3.250.000
6
Total
12.060.000

Tabel 4.2 Perangkat keras pada Client
 



No
Nama Barang
Merek
Spesifikasi
QTY
Satuan
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Kabel STP
STP Cat 6e
6e
Meter
700 mater
250.000
/40 meter
4.500.000
2
Kabel UTP
UTP cat 6e
6e
Roll

2
2.367.800
4.735.600
3
RJ45 STP
RJ45 Cat 6
6
Bungkus
1
1.765.000
1.765.000
4
RJ45 UTP
Belden Convector UTP RJ45 6
6
Bungkus
2
355.000
710.000
5
Pelindung RJ45
AMP RJ45 6

Bungkus
10
61.000
610.000
6
Tang Crimping
Cat 6

Satuan
1
550.000
550.000
7
Clamp Kabel


Bungkus
2
24.000
48.000
8
Total
12.918.600

Tabel 4.3 Perangkat Lain-lain
 





No
Perangkat Lunak
Keterangan
Jumlah
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Operating System
WIN 7 Profesional 64 bit
1
350.000
350.000
2
Server Aplikacation
Database: MySQL Server
Web : Lite Speed Web Server
1
-
-
3
Web Browser
Google Chrome
1
-
-
4
Internet Service Provider
AstiNet Telkom
1
-
51.825.000
5
Total
52.175.000

Tabel 4.4 Perangkat Lunak Pada Server
 


No
Perangkat Lunak
Keterangan
Jumlah
Harga Satuan
Jumlah Harga
1
Operating System
WIN 7 Profesional 64 bit
1
350.000
350.000
3
Web Browser
Google Chrome
1
-
-
Mozila
1
-
-
4
Application
Web Browsing, DataBase SI
1
-
-
5
Total
350.000

Tabel 4.5 Perangkat Lunak Pada Client
 


No
Jenis Pekerjaan
Upah
1
Pemasangan Pengkabelan Jaringan
15.000.000
2
Pengujian Jaringan
2.000.000
3
Perakitan Komputer
3.000.000
4
Total
20.000.000

Tabel 4.6 Upah Kerja
 

Total keseluruhan
118.533.600

Tabel 4.7 Total Dana keseluruhan
 

Dengan semua perancangan di atas, suatu jaringan akan berjalan dengan optimal dan dapat berkembang.


BAB V

PEMODALAN DAN MANAJEMEN

KEUANGAN CASH FLOW

UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA



1.6          Arus kas dari aktivitas Investasi

-        RKAT 2017 UTS                                      Rp.    70.000.000,-
-        Sumbangan CSR BUMN 2017                 Rp.    50.000.000,-  +
       RP. 120.000.000,-

1.7          Arus kas dari aktivitas operasional

-        Perangkat keras untuk server             Rp. 21.030.000,-
-        Perangkat keras untuk client               Rp. 12.060.000,-
-        Perangkat lunak untuk server              Rp. 52.175.000,-
-        Perangkat lunak untuk client              Rp.      350.000,-
-        Upah kerja atau biaya konfigurasi      Rp. 20.000.000,-
-        Perangkat lain                                     Rp. 12.918.000,- +
                                                                        Rp. 118.533.600,-


1.8         Arus kas dari aktivitas pendanaan

-        Pendanaan dari tahun (1)
Rp. 30.000,-  x 2000 mahasiswa        = Rp. 60.000.000,-
-        Pendanaan dari tahun (2)
Rp. 25.000,-  x 2000 mahasiswa        = Rp. 50.000.000,-
-        Pendanaan dari tahun (3)
Rp. 20.000,-  x 2000 mahasiswa        = Rp. 40.000.000,-
-        Pendanaan dari tahun (4)
Rp. 15.000,-  x 2000 mahasiswa        = Rp. 30.000.000,-
-        Pendanaan dari tahun (5)
Rp. 10.000,-  x  2000 mahasiswa       = Rp. 20.000.000,- +
                                                              Rp.200.000.000,-

1.9         Arus kas dari aktivitas pemeliharaan jaringan (Maintance)

Maintance dilakukan 2 kali dalam setahun, dengan pendanaan tiap tahun yang tertera pada point 5.3 Arus kas dari aktivitas pendanaan.
Setiap 20 s/d 50 komputer di perkirakan seharga Rp. 3.000.000,-/Bulan
Total keseluruhan pendanaan setelah dikurangi biaya maintance :
1.      Pendanaan selama 5 tahun               = Rp. 200.000.000,-
2.      Biaya pemeliharaan selama 5 tahun = Rp.   30.000.000,-  -
     Rp. 170.000.000,-






BAB VI

STUDI KELAYAKAN DAN RESIKO

1.10     Payback periode                                                         

-        Jumlah Investasi                                              Rp. 118.533.600,-
-        Proceed/ pendanaan tahun (1)                                    Rp. 60.000.000,- _
Rp. 58.533.600,-
-        Proceed/ pendanaan tahun (2)                                    Rp. 50.000.000,- _
Rp. 8.533.600,-
-        Proceed/ pendanaan tahun (3)                                    Rp. 40.000.000,- _
Rp. - 31.466.400,-
Dengan demikian investasi sebesar Rp. 118.533.600,- dapat di kembalikan dalam waktu kurang dari 3 tahun.
6.2   Net Present Value
Periode
DF 10%
Proceeds
PV dari proceeds
1
0,909
Rp.60.000.000,-
                                                               Rp.54.540.000,-
2
0,826
Rp. 50.000.000,-
                                                              Rp.41.300.000,-
3
0,751
Rp. 40.000.000,-
                                                              RP. 30.040.000,-
4
0,683
Rp. 30.000.000,-
                                                               Rp. 20.490.000,-
5
0,621
Rp. 20.000.000,-
                                                               Rp. 12.420.000,-


PV dari Proceeds
Rp. 158.790.000,-


PV dari Outlays
Rp. 118.533.600,-


NPV
                                                                Rp 40.256.400,-

Karena NPV positif, maka investasi baik dilakukan.

6.3 Profitability Index (PI)     =PV dari proceeds/PV dari Outlays
= Rp.  158.790.000/118.533.600
                                    =1,33
Karena PI nya lebih dari 1 maka investasi baik di lakukan.

BAB VII

PENUTUP


1.11      KESIMPULAN DAN SARAN

Demikian proposal ini kami buat, dari data dan fakta yang telah dipaparkan diatas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa pengembangan jaringan internet di Universitas Teknologi Sumbawa perlu dilakukan karena melihat kebutuhan jaringan internet sangat meningkat setara dengan meningkatnya jumlah mahasiswa dari tahun ke-tahun. Sehingga pengembangan perluasan jaringan internet di Universitas Teknologi Sumbawa harus dilakukan untuk menunjang kinerja pada masyarakat UTS

 





Daftar Pustaka
1.      Panduan membuat proposal ekonomi teknik di bidang teknologi informasi
2.      Perancangan infrastruktur jaringan
5.      Esabella.,S . 2015. Analisa dan Perancangan Infrastruktur Jaringan Komputer untuk Mendukung Pengembangan Implementasi Electronic Government (Studi Kasus : Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat).
Tesis Program Pascasarjana Teknik Iformatika, Universitas Bina Nusantara, Jakarta.

6.      http://library.gunadarma.ac.id/journal/view/14429/analisa-dan-perancangan-infrastruktur-jaringan-komputer-untuk-mendukung-pengembangan-implementasi-electronic-government-studi-kasus-pemerintah-kabupaten-sumbawa-barat.html/
7.   Esabella, Shinta. 2016. Perancangan Infrastruktur Jaringan Komputer Untuk Mendukung Implementasi Sistem Informasi pada Universitas Teknologi Sumbawa. Jurnal Matrik. November 2016. Vol. 16 No.1.Hal 44-45

Komentar